Polisi Ungkap Penyebab Macet Parah di Puncak Bogor

Polisi Ungkap Penyebab Macet Puncak Bogor

BeritaSukses Daily Mengikuti libur panjang kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat mengalami kemacetan cukup parah sejak siang kemarin. Karena hal tersebut, polisi mengungkapkan jika peningkatan jumlah kendaraan menjadi salah satu penyebab utama kemacetan.

Pihak kepolisian mengungkapkan meningkatnya jumlah kendaraan terutama jenis kendaraan roda dua menjadi penyebab kemacetan. Lonjakan jumlah motor tersebut menjadi bukti mengenai minta masyarakat untuk berwisata ke kawasan Puncak selama libur panjang.

Meningkatnya Volume Kendaraan Menuju Kawasan Puncak Bogor

Kapolres Bogor, AKBP Rio mengungkapkan terkait meningkatnya volume kendaraan yang memasuki kawasan Puncak saat libur panjang akhir pekan. Rio mengungkapkan jika ada setidaknya 150 ribu kendaraan memasuki Puncak selama periode ini.

Baca Juga :  Hari Ini Maulid Nabi Muhammad SAW Pada 16 September 2024

Dimana hal tersebut melebihi kapasitas dari ruas jalan yang seharusnya hanya bisa dilalui 70 ribu kendaraan dalam satu waktu. Selain itu, perilaku pengendara yang disinyalir tidak sabar selama perjalanan juga menjadi penyebab lain kemacetan.

Banyak dari pengendara motor yang melawan arah sehingga membuat lalu lintas jadi semakin buruk dan sulit dilewati. Pihak kepolisian mengungkapkan jika lalu lintas terkunci pada Gunung Mas yang menyebabkan kemacetan hingga mengekor panjang sampai kawasan Gadog.

Hal tersebut mengakibatkan jalur menuju Puncak akhirnya ditutup. Untuk mengatasi lalu lintas yang macet tersebut, polisi akhirnya memutuskan untuk menutup jalur ke Puncak. Selain itu, polisi juga memberlakukan jalan satu arah ke Jakarta.

Langkah lain yang polisi lakukan yaitu dengan menutup lalu lintas dari arah Jakarta sejak pagi. Polisi memberlakukan satu arah untuk mengurai kepadatan. Salah satu langkah antisipasi yaitu dengan mengerahkan ratusan personil untuk mengatasi kemacetan parah yang terjadi.

Ratusan polisi dikerahkan untuk mendukung dari upaya rekayasa lalu lintas. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk menggunakan sistem ganjil genap hingga one way demi mengurai kemacetan.

Upaya Rekayasa Lalu Lintas untuk Mengurai Kemacetan

Dalam mengurai kemacetan, polisi telah melakukan berbagai upaya. Personil kepolisian dikerahkan untuk membantu para wisatawan yang tengah berlibur. Selain itu, wisatawan juga dihimbau meminta pertolongan jika membutuhkan.

Kemacetan cukup parah terjadi pada jalur Puncak karena hadirnya musim libur panjang akhir pekan yang bersamaan dengan cuti bersama. Berdasarkan data dari Polres Bogor, macet parah terjadi akibat meningkatnya jumlah kendaraan yang menuju ke jalur tersebut.

Baca Juga :  Kisruh di Sekaten Solo, Ada Dugaan Sabotase

Sementara, berdasarkan penjelasan Kepala Urusan Pembinaan Operasi atau KBO Satlantas Polres Bogor, memberlakukan adanya rekayasa lalu lintas pada jalur wisata Puncak. Hal tersebut diungkapkan oleh Iptu Ardian.

Pihaknya menjelaskan mengenai adanya rekayasa lalu lintas yang diterapkan dengan melakukan sistem ganjil genap. Rekayasa lalu lintas tersebut juga bersamaan dengan one way atau sistem satu arah.

Iptu Ardian mengungkapkan jika pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut berdasarkan situasi. Salah satu penyebab pelaksanaannya yaitu melihat perkembangan serta peningkatan jumlah kendaraan yang masuk.

Karena hal tersebut membuat para pengendara terjebak kemacetan sampai dengan belasan jam. Kendaraan, terutama jenis roda empat hanya bisa melaju sejauh beberapa menit pada setiap setengah jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *