Fakta Menarik Vatikan, Negara yang Dipimpin Paus Fransiskus

Fakta Menarik Vatikan

BeritaSukses Daily Paus Fransiskus yang saat ini sedang berada di Indonesia adalah Pemimpin Tertinggi Umat Katolik Dunia. Selain itu Paus Fransiskus juga sekaligus merupakan kepala negara Vatikan.

Dilihat dari situs resminya, Paus Fransiskus pada Kamis (5/9/2024) melakukan lawatan apolistik ke negara Asia Pasifik. Paus Fransiskus tiba hari Selasa (3/9) di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Paus lebih memilih menggunakan pesawat komersil dibandingkan pesawat jet, kedatangannya itu membuat sejumlah pertanyaan terkait Vatikan. Sebenarnya di mana Vatikan itu dan seperti apa negaranya?

Fakta Menarik Vatikan yang Dipimpin Paus Fransiskus

Baca Juga :  Paus Fransiskus Kunjungi Masjid Istiqlal dan Bertemu Imam Besar

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia membuat banyak pertanyaan tentang Vatikan, Negara yang ia pimpin. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Vatikan, Negara yang dipimpin Paus Fransiskus :

1.      Tidak memiliki penjara

Seperti kita tau, banyak di dunia ini negara yang mempunyai penjara kosong, sebab angka kriminalitasnya sedikit. Tetapi berbeda cerita dengan Negara Vatikan, negara ini sama sekali tidak mempunyai penjara.

Negara Vatikan ini hanya mempunyai tahanan sementara, sehingga apabila terbukti seseorang itu bersalah. Si terdakwa akan dibawa ke penjara yang ada di Italia, semua biaya tahanan nantinya akan ditanggung Vatikan.

2.      Negara terkecil di dunia

Siapa mengira bahwa Vatikan merupakan negara terkecil di dunia, dengan luas yang hanya 0,44 kilometer persegi saja. Untuk populasinya sendiri ialah hanya 825 penduduk dan semua beragama katolik.

Saking kecilnya Negara ini, wisatawan dapat mengelilingi Vatikan dengan hanya jalan kaki selama 1 jam saja. Yang membuat Vatikan menjadi semakin unik, karena Negara ini berada di dalam Kota Roma.

3.      Kota wine

Ada laporan yang mengatakan bahwa penduduk di Negara ini lebih banyak mengonsumsi wine dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Rata-rata penduduknya mengonsumsi 74 liter wine tiap tahun.

Angka ini 2x lipat dibanding Prancis dan Italia, terdapat banyak alasan mengapa Negara ini menjadi konsumen wine tertinggi. Sebab penduduknya senang berkumpul bersama sembari minum wine.

4.      Tidak ada kewarganegaraan

Vatikan tidak mempunya ruang bersalin atau rumah sakit, siapa saja yang lahir di Negara ini. Tidak akan mendapatkan warga negara Vatikan, kewarganegaraan sendiri diberikan atas dasar penunjukan.

Dalam kapasitas bekerja serta pelayanan Tahta Suci, diberikan kepada orang tua, pasangan dan juga kerabat lain yang tinggal bersama. Ketika tugas sudah selesai, kawarganegaraan akan langsung dicabut.

5.      Jalur kereta api terpendek di dunia

Vatikan mempunyai 1 stasiun yakni Citta Vaticano, stasiun ini mempunyai jalur paling pendek dunia, dengan panjang 300m. Rel kereta api serta stasiun dibangun pada masa kepausan Paus Pius XI.

Baca Juga :  Fakta Kerusuhan di Penjara Kongo Menelan Banyak Korban Jiwa

Jalur di Rel kereta api tersebut dipakai hanya untuk mengangkut barang. Tidak terdapat kereta penumpang reguler yang dijadwalkan beroperasi pada jalur ini, jadi hanya untuk mengangkut barang.

6.      Paus dijaga oleh tentara Swiss

Walau berada di Italia, penjaga keamanan Paus di Vatikan asalnya dari Negara Swiss atau Swiss Guard. Terdapat 153 tentara yang akan bertanggung jawab menjaga Paus, mereka pertama kali ditugaskan 1506.

Oleh Paus Julius II, yang kala itu memerlukan penjagaan dari musuh-musuh gereja, tentara ini mudah dikenali dari seragamnya. Syarat menjadi tentara harus berumur 19 hingga 30 tahun dengan tinggi 170cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *