Mulai Lakukan Uji Coba Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN

Mulai Lakukan Uji Coba Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN

Berita – Mulai Uji coba kereta Otonom atau Autonomous Rapid Transit (ART) di IKN (Ibu Kota Nusantara ). Kereta Otonam ini kabarnya akan di gunakan sebagai transportasi di kawasan IKN ketika perhelatan acara 17 Agustus 2024.

Dimana juga dilansir kementrian perhubungan (Kemenhub), Kereta Otonom telah melakukan uji coba dinamis pada hari Sabtu, 10/08/2024. Uji coba dilakukan dalam rangka persiapan menyambut rangkaian Upacara HUT RI bertepatan 17 Agustus 2024 di IKN nantinya.

Selain itu, Uji coba dinamis Kereta Otonom juga merupakan tidakan lanjut dalam pemeriksaan internal yang sudah di lakukan sejak 6/08/2024 lalu. Pelaksaan ini tentunya sudah berlangsung selama 2 bulan. Awal dimulainya sejak tanggal 10 Agustus hingga bulan 10 (Oktober) mendatang.

Mengenal Kereta Otonom IKN

Tren Otonom sendiri adalah kereta tanpa rel, yang dapat berfungsi di jalan raya. Di kutip dari kemenhub, Kereta Otonom dapat beroperasi menggunakan baterai. Dimana baterai yang disubstitusikan dengar marka jalan magnet. Sehingga kereta ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Tren Otonom merupakan hybrid system dari Transportasi Light Rapid Transit (LRT) bisa di sebut sebagai Kereta Ringan dan Autonomous Bus.

Terdapat beberapa kelebihan, yaitu selain biaya investasi yang lebih efisien di bandingkan dengan beberapa kereta konvesnsial yang menggunakan rel. Dari segi kapasitas, Kereta Otonom dapat menampung penumpang secara masif dengan kapasitas 300 orang dalam 3 buah gerbong, jika memiliki 5 gerbong maka bisa menampung 500 orang dalam satu trainset dalam 1 perjalanan.

Halte Dan Rute Kereta Otonom

Sampai saat ini, Kementrian PUPR sedang bangun 8 halte utama untuk operasional Kereta Otonom. Halte ini nantinya juga akan digunakan ketika loop ultimate (Jalur Lintas Utama) jika sudah siap digunakan seluruhnya.

Rute yang akan tersedia dari Sumbu Kebangsaan Sisi Barat depan Istana Presiden. Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Hingga Kembali Ke Sumbu Kebangsaan Sisi Barat. Jarak total sekitar 4,9km. Kapasitas Daya sekali pengisian dapat menempuh jarak 70km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *